Written By Andiwawan on Wednesday, November 12, 2014 | 6:06 AM


Flash drive atau Flash disk memiliki fungsi yang begitu penting, karena data-data anda berada disana dan tentu anda sebagai pemilik ingin sekali agar flash disk tersebut awet dan tahan lama.

Tetapi disaat yang tidak terduga sebagian dari kita pasti pernah mengalami masalah dengan flash disk, yaitu seperti flash disk yang tidak terdeteksi komputer atau laptop, terkena virus, dan lain sebagainya.  lalu, bagaimana caranya agar flash disk kita bisa terawat dan terjaga dengan baik dan tidak cepat rusak?

Beberapa tips dibawah ini bisa menjadi acuan Anda dalam menjaga keawetan Flash disk Anda, sebagai berikut :

1. Jauhkan Flash Disk Anda dari gelombang magnet
Jauhkan dari alat-alat elektronik yang mengandung magnet besar seperti televisi, radio, dan ponsel.  Sebaiknya jangan meletakkan flash disk didekat benda-benda tersebut karena dapat merusak flash disk anda.
2. Jangan sampai terkena air
Flash disk Anda harus bebas dari air.  Jika terkena air, data yang ada di dalam flash disk kemungkinan akan hilang.
3. Hindarkan dari gangguan virus
Virus sering kali menyerang media seperti flash disk, selalu update antivirus di komputer anda agar flash disk tidak beresiko terkena virus yang bisa merusak file-file penting anda.
4. Jangan sampai Flash disk terjatuh
Benturan bisa saja membuat flash disk dan datanya rusak.  Untuk itu, jaga baik-baik agar hal itu tidak terjadi.
5. Jauhkan dari sinar matahari
Jauhkan dari paparan sinar matahari langsung pada flash disk Anda.  Karna paparan langsung sinar matahari pada flash disk Anda akan merusak kinerja, baik secara fisik maupun non fisik.
6. Selalu tutup flash disk anda
Penutup pada flash disk ini berguna untuk melindungi alat tersebut dari udara dan lingkungan kita yang banyak debu, asap dan kotoran lainnya.
7. Minimalkan proses tulis-hapus data
Flash disk mempunyai usia ataupun batas dalam proses tulis-hapus data.  Usia flash disk itu berbeda-beda tergantung pada mutu dan mereknya.  Sewajarnya usia flash disk itu antara 10.000 - 100.000 proses tulis-hapus.  Sangat disarankan, untuk mengurangi proses tersebut agar usia flash disk anda lebih lama.
8. Perlakukan flash disk anda dengan benar saat membuka dari komputer atau laptop
Jangan langsung mencabut flash disk dari port usb komputer atau laptop anda.  Gunakan proses stop atau eject terlebih dahulu, baru kemudian anda bisa mencabut dengan pelan flash disk anda.
Semoga tips ini dapat membantu anda dalam merawat flash disk Anda.

0 comments:

Post a Comment

ToonRa Forex© 2014. All Rights Reserved. Template By Seocips.com
SEOCIPS Areasatu Adasenze Tempate Tipeex.com